Under Construction

PATRI

PATRI adalah kependekan dari Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia. Merupakan organisasi kemasyarakatan dengan kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) berada di Jakarta. PATRI juga telah membentuk pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di berbagai provinsi di Indonesia.




PERHIMPUNAN ANAK TRANSMIGRAN REPUBLIK INDONESIA
( PATRI )

VISI :

“KEMBALINYA GERAKAN TRANSMIGRASI SEBAGAI PEREKAT NASIONAL LINTAS  BUDAYA, SUKU DAN AGAMA ”

MISI :


  • MEMBANGUN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN SEMANGAT KEBERAGAMAN.
  • MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA KAWASAN TRANSMIGRASI DEMI KEMASLAHATAN SELURUH MASYARAKAT.


LATAR BELAKANG :
  1. Pembentukan PATRI  merupakan kebutuhan bersama, karena sejak dilaksanakannya transmigrasi  yang   pertama   pasca kemerdekaan       ( 12   Desember  1950 ),  belum    ada   sebuah    organisasi   anak transmigran   yang  berskala  nasional.  PATRI  diharapkan sebagai organisasi   kader,  yang   mewarisi   nilai   kepeloporan  yang  telah ditunjukkan   oleh   para orang  tuanya.  Dengan  demikian,  PATRI merupakan  organisasi   yang   mampu   memberikan   keteladanan dalam membangun bangsa dan negara, dimanapun mereka berada.
  2. Dengan terorganisasikannya potensi anak transmigran, maka posisi tawar  dalam memberdayakan  keluarga  dan  masyarakat disekitar kawasan transmigrasi  dapat  semakin meningkat.   Keberhasilan pemberdayaan  masyarakat  transmigrasi ini  pada  gilirannya akan dapat    mendukung   percepatan   pembangunan    daerah, menuju otonomi yang demokratis, menuju persatuan bangsa dan kesatuan wilayah, seperti yang dituangkan dalam visi PATRI.


TUJUAN :

  • Mendorong dan mengembalikan solidaritas lintas suku, budaya dan agama  para  anak keturunan transmigran dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan negara Indonesia.
  • Menghimpun potensi dan jaringan sumber daya  anak dan keluarga transmigran untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas peran serta dukungan dalam membangun daerah transmigrasi.

PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK
  1. Menyatukan langkah seluruh komponen transmigran dalam upaya mendukung eksistensi program transmigrasi baik secara regional maupun nasional
  2. Menugaskan   DPD  PATRI     untuk   konsolidasi  organisasi  dengan badan/lembaga/dinas/kantor ditingkat propinsi, kabupaten dan kota  se- Sumatera Selatan  yang menangani bidang ketransmigrasian dalam rangka pembentukan PATRI di daerah.
  3. Menugaskan DPD PATRI untuk meningkatkan dan memantapkan kemitraan DPD PATRI dengan Pemerintah propinsi, kabupaten dan kota se- Sumatera Selatan
  4. Menugaskan   DPD    PATRI   untuk  melanjutkan  dan  meningkatkan  kerjasama  dengan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta menyusun panduan kerjasama tersebut untuk kelangsungan hidupnya PATRI mulai dari DPD,DPC, PAC.
  5. Menugaskan DPD PATRI untuk mengadakan dan mendistribusikan kartu anggota mulai dari DPD, DPC dan PAC di seluruh Sumatera Selatan.
  6. Menugaskan  DPD  PATRI  untuk  mengembangkan  kerjasama dengan asosiasi / institusi penunjang kegiatan organisasi, perusahaan pemerintah, swasta yang bergerak  di  sektor pertanian, keuangan, Bank dan Lembaga Keuangan Non Perbankan, koperasi, dan lain-lain yang ada hubungannya dengan kegiatan organisasi.
  7. Menugaskan DPD PATRI untuk segera membentuk badan usaha PATRI, baik dalam bentuk yayasan  atau  koperasi,  mulai  dari  DPD,  DPC, PAC  serta  menugaskan  seorang yang ditunjuk dan diangkat untuk membidangi badan usaha PATRI tersebut
  8. Setiap tanggal 16 Pebruari ditetapkan sebagai hari jadi PATRI

PROGRAM JANGKA PANJANG
  • Pengembangan jaringan kerja antar daerah transmigrasi.
  • Penguatan  kapasitas  ( Capacity building )  sumber  daya anak, keluarga dan masyarakat sekitar lokasi transmigrasi.
  • Pengembangan kualitas dan derajat penghidupan di kawasan transmigrasi.

Related

PATRI 1227400429276877904

Posting Komentar

  1. Saudara/i Anak Transmogran di seluruh indonesia, dapat bergabung dan apabila memiliki kegiatan/organisasi sosial maupun komersil di bawah naungan PATRI dapat di infokan di blog ini.

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Hot in week

Rumah Sedekah

Iklan (dalam Persiapan)

FKDI

Iklan (dalam persiapan)

Pengunjung

Flag Counter
item